Cantengan (Paronychia)

Cantengan (Paronychia) – Cantengan atau dalam istilah medis disebut dengan Paronychia adalah kondisi dimana sisi kuku mengalami pembengkakan dan di dalamnya terdapat cairan nanah. cantengan menimbulkan rasa sakit apabila sisi kuku tertekan. bagian yang paling sering mengalami cantengan adalah jari kaki atau pun jari tangan. masalah seperti ini memang tidak terlalu serius, tetapi rasa sakitnya bisa sangat luar biasa sehingga mengganggu sekali. apabila terdapat pada kaki biasanya perlu hati hati dalam berjalan karena terus terasa sakit dan menimbulkan sensasi nyut nyutan pada bagian kaki. begitu pun pada jari tangan yang perlu hati hati sekali menggerakkannya karena jika tidak akan merasa sakit. kondisi ini dikarenakan ada infeksi pada kuku atau tepi kulitnya karena kurang tepat dalam membersihkan kuku, oleh karena itu cantengan akan dialami. kondisi cantengan yang semakin parah bisa menyebabkan pembengkakan dan seluruh bagian kuku di dalamnya bisa terdapat nanah sehingga memicu bau kaki yang tidak sedap apabila tertutup terlalu lama.

Penyebab Cantengan (Paronychia)

Terjadinya cantengan (Paronychia) bisa dikarenakan oleh infeksi, infeksi pada kuku yang terbuka akibat trauma. cantengan bisa terjadi akibat infeksi dari bakteri, bakteri yang paling sering menyebabkan cantengan ialah bakteri yang sering ditemui pada kulit. sehingga ketika ada cela masuk ke dalam kulit akibat masalah kuku sehingga bakteri bisa masuk dan menginfeksinya ada pun faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya cantengan (Paronychia).

cantengannnnn

Penyebab utama cantengan (Paronychia) memang dikarenakan infeksi, tetapi ada juga faktor pemicunya. paling sering cantengan dikarenakan oleh kuku dari sisa setelah di potong atau digunting kukunya. memotong kuku yang terlalu pendek pada bagian sisi kuku yang terlalu pendek. dikarenakan kuku terlalu pendek sehingga sisi kuku masuk ke dalam dan menusuk bagian kulit di dalamnya. kuku yang sangat kecil tetapi runcing akan menusuk ke dalam kulit maka dampaknya akan menyebabkan cantengan dan menyebabkan kulit bernanah. bukan hanya karena sisa kuku yang menusuk bagian kulit dalam tetapi kuku yang dipotong terlalu pendek juga bisa tumbuh tidak normal nantinya, sehingga pertumbuhan kuku yang tidak normal lah yang bisa menyebabkan cantengan (Paronychia).

Kuku yang tumbuh ke dalam atau kuku yang melengkung pun bisa menusuk kulit bagian dalam sehingga menyebabkan cantengan juga. hal lainnya yang juga bisa menyebabkan cantengan (Paronychia) ialah karena menggunakan sepatu yang terlalu sempit, sebab alas kaki yang terlalu sempit bukan hanya meningkatkan risiko terjadinya kapalan saja tetapi juga bisa menyebabkan bentuk kuku berubah atau menekan sehingga terjadilah cantengan. untuk cantengan pada tangan, maka untuk penyebabnya bisa dikarenakan oleh kebisaan buruk yang sering dilakukan untuk menggigit kuku sehingga kulit disekitar kuku terdapat nanah.

Mengatasi Cantengan (Paronychia)

Cantengan (Paronychia) bisa terjadi oleh siapa pun, dan kondisi kuku di saat mengalami cantengan bisa berwarna merah dan juga berwarna putih karena terdapat nanah yang berkumpul di sekitarnya. cantengan pada tangan atau pun kaki pun menyebabkan rasa sakit atau nyeri yang luar biasa, sehingga sangat mengganggu sekali rasa sakit yang terus menerus dirasakan. biasanya juga cantengan akan menimbulkan bau atau aroma tidak sedap akibat nanah. kuku atau jari pun akan terasa sangat sakit apabila disentuh baik di sengaja atau pun tidak karena ada abses atau gumpalan nanah.

Untuk itu mengatasi cantengan (Paronychia) agar tidak semakin parah, dan rasa sakitnya tidak lagi mengganggu. untuk mengatasinya bisa dengan cara bisa dengan melakukan operasi bedah kecil apabila diobati secara medis baik di klinik atau pun di rumah sakit. operasi dilakukan untuk mencabut kuku yang menyebabkan cantengan atau pun memotong kuku yang tumbuh tidak normal lalu abses segera dibersihkan.

Selain itu mengatasi cantengan (Paronychia) bisa juga dilakukan rumah sendiri secara tradisional. apabila jari tangan atau pun pada kaki mengalami cantengan maka bisa diobati dengan cara di kompres. kompres jari cantengan dengan menggunakan air hangat. dengan di kompres maka akan membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. jaga kebersihan jari dengan baik agar tidak terjadi infeksi semakin parah. pada saat malam hari bisa balutkan jahe parut pada jari sehingga jari tertutup dengan jahe. cara tradisional seperti ini juga ampuh mengatasi cantengan (Paronychia), sehingga akan cepat membaik.

Pencegahan Cantengan (Paronychia)

Apabila sudah sembuh dari cantengan maka ada kemungkinan untuk mengalaminya lagi, untuk itu lakukan pencegahan cantengan (Paronychia) dengan cara seperti dibawah ini :

  • Jangan memotong kuku secara melengkung mengikuti lengkungan ujung jari. Potonglah kuku secara lurus.
  • Jangan memotong kuku terlalu pendek.
  • Singkirkan kulit-kulit keras atau kulit mati di sekitar kuku dengan menggunakan kikir khusus kuku atau batu apung.
  • Gunakan kaos kaki atau sepatu yang nyaman dan tidak menekan jari kaki.
  • Jagalah selalu kebersihan kaki dan gunakan pelembap,

Usahakan juga untuk menjaga jari dengan baik agar tidak menimbulkan cedera, sebab karena cedera akibat benturan keras yang merusak kuku pun juga bisa menyebabkan cantengan (Paronychia). jika dilakukan dengan baik maka cantengan (Paronychia) tidak akan terjadi lagi. (By:RM)

Cantengan (Paronychia)

Cara Pemesanan Obat Cantengan Super Green Plus G2

Cara Alami Mengobati Penyakit Cantengan Jari Tangan, Cantengan Kuku, Cantengan Jari Kaki, Cantengan Jempol Kaki, dan Penyakit Seputar Kulit : Penyakit Gatal-gatal, Jamur, Panu, Kadas, Kurap, Kutu Air, Eksim Basah, Eksim Kering, Kaki Pecah-pecah dan Bersisik

Harga Obat Cantengan Super Green Plus G2 1 box isi 10 ml = Rp.115.000,-

Cara Pemesanan Obat Cantengan:

SMS ke 0852-8272-6096, tuliskan : Pesan Obat Cantengan Super Green Plus G2, Jumlah Box, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Super Green Plus G2 – Obat Cantengan Alami Untuk Mengobati Cantengan Jari Kaki, Jempol Kaki, Dan Penyakit Seputar Kulit, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in cantengan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.